Senin, 14 Agustus 2023

Bolehkah kita ngiri sama orang?

 Dalam kehidupan bersosial kepada manusia, tentunya banyak sekali menemui beragam manusia, ada yang Allah lebihkan karunianya dan ada juga yang memiliki nasib serba kekurangan. bahkan tidak menutup kemungkinan, pasti banyak sekali yang iri kepada orang lain. yang jadi pertanyaan adalah apakah boleh kitangiri sama orang?   

Jawabannya boleh, tapi ada syaratanya dan ngiri nya juga hanya kepada orang-orang tertentu saja..

1. Kita boleh ngiri kepada orang yang pinter baca Alquran, hafal Al-Qur'an dan dia selalu membaca Alquran dan mengulang-ulang hafalan nya. Murojaah di dalam sholat maupun diluar, didalam shalat fardhu maupun ketika shalat Sunnah, mengulang-ulang ketika shalat berjamaah ataupun ketika shalat sendiri.

2. Yang kedua, kita boleh ngiri kepada orang yang Allah anugerahi kelebihan harta, lalu ia menginfakkan harta nya dijalan Allah,  baik diam-diam atau terang-terangan.

Nah...oleh Karena itu, gak apa-apa kita iri, tetapi iri nya kepada orang-orang tersebut, dan kita berusaha menjadi salah satu dari kedua golongan tersebut. Syukur-syukur kita bisa jadi keduanya.

Wallahu a'lam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Macam-macam khot

Cara membuat huruf Fa, Qof dan Wawu Khot Naskhi

              Mengolah huruf Fa, Qof dan Wawu. Kepala huruf Fa, Wawu dan Qof bentuk dan ukurannya sama, peletakannya sama-sama diatas gari...