Rabu, 31 Mei 2023

Hukum JAMA' Sholat karena kejar target pak BOS

 

Pertanyaan : Apakah saya boleh menjamak sholat zuhur dengan ashar karena mengerjakan tugas dari pak Bos yang dikejar-kejar target?

Jawaban :

Allah Subhanahu wata’ala berfirman “Walaa junaaha ‘alaikum an taqsuruu minassholah..”,” tidak lah berdosa salah seorang dari kalian yang meringkas (qoshor) jumlah rokaat sholat...”. dari ayat tersebut, dapat diketahui, kita hanya boleh menjama’ sholat ketika dalam perjalanan, sedangkan ketika menetap (muqim) tidak boleh menjama’ sholat. Shalat jama’ ada yang di jama’ saja tanpa di qoshor dan ada juga yang menjama’ dan di qoshor yang disebut dengan jama’ qoshor. Dzhuhur dan isya menjadi dua rokaat, sedangkan maghrib dan subuh tidak bisa di qoshor. Sholat maghrib di jama dengan shalat isya, shalat dzuhur di jama’ dengan ashar. Shalat dzuhur di jama’ dengan shalat ashar dan dilakukan di waktu dzuhur atau shalat maghrib di gabungkan dengan shalat isya dan dilakukan di waktu maghrib, maka disebut dengan jama’ taqdim. Sedangkan shalat magrib di jama’ dengan  isya dan dilakukan di waktu isya atau shalat dzuhur di jama’ dengan ashar dan dilakukan di waktu ashar, maka di sebut dengan shalat jama’ ta’khir.

Syarat mutlaq di bolehkan nya menjama dan mengqoshor shalat adalah dalam perjalanan yang mubah (dibolehkan), bukan perjalanan untuk bermaksiat, dan jarak perjalanan tersebut minimal 83 KM. Jika kurang dari jarak tersebut, maka tidak boleh menjama’ sholat. Contoh perjalanan mubah seperti mudik ke kampung halaman atau sedang study tour dan lainnya.

Hikmah dari dibolehkannya sholat jama’ atau jama’ qoshor adalah untuk memberikan rukhsoh atau keringanan dan mempermudah praktek ibadah, sehingga tidak merepotkan umat islam.

Kesimpulannya, sholat jama’, baik jama’ ataupun jama’ qoshor di bolehkan hanya dalam perjalanan saja, sedangkan bagi yang bermukim atau sedang bekerja karena kejar tagrget selesai pekerjaan tidak di bolehkan.

Tidak ada komentar:

Macam-macam khot

Cara membuat huruf Fa, Qof dan Wawu Khot Naskhi

              Mengolah huruf Fa, Qof dan Wawu. Kepala huruf Fa, Wawu dan Qof bentuk dan ukurannya sama, peletakannya sama-sama diatas gari...