Rabu, 01 Maret 2023

M.P.D atau M.Pd?

Yang bener itu M.Pd atau M.PD?

 Seorang Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas ternama di bekasi mengatakan sambil berguyon“ M.Pd” itu singkatan dari Masih Punya Duit, kemudian ucapan tersebut di ikuti gelak tawa yang serempak oleh para mahasiswa binaannya. Sejenak kalimat tersebut mungkin biasa-biasa saja di telinga temen-temen mahasiswa, tapi bagi saya pribadi terasa sangat menyayat hati dan merasa tidak nyaman. Bagaimana tidak terasa teriris hati, karena segala tabungan yang saya miliki, tabungan pendidikan anak, uang jajan istri dan uang-uang lainnya terfokus untuk bayaran kuliah dan demi mengejar kelar kuliah dengan cepat dan sesuai target. Sekedar saran ini mah yah buat temen-temen semuanya, jika memang sudah punya suami atau istri dan punya gundul (anak) satu atau dua, apalagi tiga, dan penghasilannya cuma dari ngajar kaya saya apalagi sekolah swasta yang notaben nya gajinya gak terlalu besar atau kalaupun lumayan besar gajinya besar menurut yayasan, tapi susah diberikan ijin jika mau keluar karena ada urusan kuliah, alangkah baiknya niat melanjutkan kuliah S2 di kaji ulang deh, jangan sampai udah habis puluhan juta, kandas putus di tengah jalan di Droft Out (DO) bahasa kasarnya sih di usir karena gak punya duit lagi, kecuali kalo dapet beasiswa pendidikan full, barulah lanjutin dah kuliah S2 nya, Hahaha.... Faktor utama terputusnya kuliah S2 saya yaitu karena tidak memiliki biaya kuliah. Uang gajian dari ngajar hanya cukup untuk biaya hidup dan bayar angsuran rumah dan kendaraan. Adapun secara rinci sabab musabab saya gak ngelanjutin kuliah sebagai berikut :
 1. Kurang beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan. Waktu dulu di S1, saya niatkan belajar itu tujuannya murni hanya mencari ilmu, saya tidak mengharapkan selembar ijazah. Waktu dulu ketika di S1 yang saya rasakan, dalam lingkungan belajar, antara dosen dan mahasiswa tidak saling mengenal, sehingga dalam penilaian pun menurut saya obyektif sesuai isi jawaban soal ujian. Tetapi di S2 ini, sepemantaun mata saya memandang, mahasiswa yang bisa melakukan pendekatan personal kepada dosen atau Kaprodi, maka jalan urus-urusan nya di gampangin, istilah nya mah cincay lah, hahah... apalagi klo sering mentraktir dosen atau kaprodi dah, yakin cepet banget bimbingannya. 
2. Aturan-aturan dan keuangan yang harus di bayar oleh mahasiswa kurang di sosialisasikan dengan baik. Pada mulanya ngeliat di brosur biaya pendaftaran sekian rupiah, biaya pendidkan persemester sekian, lalu dikalikan empat semester, maka total nya menjadi sekian. Ternyata tidak termasuk biaya bimbingan tesis, dari kaprodi gak ngasih tau klo ada biaya bimbingan dan dari saya nya pun kurang faham apa aja biaya-biaya pendidikan yang harus dikeluarkan selama kuliah S2 di indonesia. Klo gambaran kuliah di luar negeri terutama mesir, insya Allah saya faham. Alhamdulillah di semester 4, pada saat itu diberikan pinjaman uang sebesar 3,5 juta dari bu Marfu’ah selaku ketua kelas, dan sampai saat ini tanggal 21 Februari 2023 belum lunas hutangnya. Semoga ada donatur atau relawan yang ngebantu ngelunasin hutang tersebut, atau setidaknya bantu doanya ya. Hiks...hiks.... 
3. Husnuzhon yang berlebihan. Loh, kok bisa sih berprasangka baik yang berlebihan, gimana cerita nya sih pak ustadz. Cerita nya gini, suatu hari, tepatnya di bulan suci romadhon tahun 2022, saya sudah ada janji dengan dosen pembimbing mau bimbingan habis ashar, janjian tersebut kurang lebih satu minggu sebelum hari H nya, tiba-tiba sekolah tempat saya ngajar ngadain buka puasa bersama dadakan, bagaimana gak dadakan kaya tahu bulat, hahah..., hari ini ngajar, kita dikasih tau klo besok ada buka puasa bersama dengan yayasan, guru-guru SD dan SMP dan pegawai sekolah, wah kacau lah jadinya. Kalo minta ijin langsung ke kepala sekolah, PASTI gak bakalan dikasih ijin, karena keseringan kaya gitu gak di ijinin, dan kalimat yang saya hafal dari beliau adalah “nanti aja ya hari sabtu ke kampusnya”, kan masih ada Kegiatan Belajar Mengajar. Akhirnya saya berangkat lah ke kampus tanpa minta ijin ke kepala sekolah karena sudah janjian lama mau bimbingan bareng sama KH. Salafudin Abu Sayid ke DR. Darwis Abu Ubaidillah di Jakarta. Jam 14:00 saya kirim permohonan ijin untuk kepala sekolah dan segenap jajaran pengurus yayasan sekolah bahwa saya hari itu gak bisa ikut acara buka puasa bersama, bukan nya di berikan ijin malah sebaliknya yang diberikan ke saya malah sebuah ancaman dengan kalimat “Nanti kalo bapak gak hadir gak dapet THR loh”, nyes...dan nyesek rasanya. Saya berprasangka baiknya kirain mendapat kalimat “ iya bapak.., silahkan dilanjutkan, semoga dimudahkan urusan kuliahnya”. Ini mah..., bukannya di berikan suport, dukungan atau doa, malah di cegah kayak gitu, setidaknya mah, gak bisa bantu uang, kasih lah kesempatan untuk maju buat pegawai nya yang sedang melanjutkan studi S2. 
 4. Kaprodi yang pilih-pilih mahasiswa dalam memberikan kebijakan. Ini mah menurut saya aja sih, mudah-mudahan salah. Seorang kepala sekolah SDIT di salah satu sekolah di Cibitung diberikan ijin melakukan penelitian di MIT, dan itu masih satu Yayasan. Seorang Guru Madrasah ‘Aliyah di salah satu pesantren ternama di wilayah bekasi diberikan ijin melakukan penelitian di madrasah Tsanawiyah dalam satu yayasan tersebut. Saya ngajar di sekolah swasta yang terkenal dengan kedisiplinan nya tinggi, pada mulanya saya melakukan penelitian tentang “Program Takhosus” di sekolah tempat saya ngajar, akhirnya judul saya di tolak, saya ngiranya di bolehkan karena ngeliat temen-temen yang lain dapet ijin, saya coba negosiasi kepada pembing 1 dan kaprodi MPAI supaya diberikan ijin, ternyata tidak diberikan ijin juga padahal saya sudah nampak raut muka saya sedih-sedih bombay gitu.hahah. Akhirnya saya punya ide baru, Judul penelitian tetap sama, hanya diganti tempat penelitiannya aja. Intinya mah, yang lain di berikan ijin melakukan di sekolah yang satu yayasan, sedangkan saya mau melakukan penelitian di SDIT se-Yayasan dengan saya ngajar tidak diberikan ijin, alasannya nanti penilaiannya subyektif, tidak obyektif. 
5. Muhasabah/introspeksi diri sebelum mengambil keputusan mau kuliah S2. Secara hakikat, rezeki itu dari Allah SWT, secara syari’at finansial itu dari Bos atau dari hasil kerja keras. Kalau kita bukan orang yang memiliki penghasilan lebih, bukan dari keturunan orang kaya, atau gak punya orang terdekat yang ekonominya kuat dan bisa menopang kekurangan biaya kuliah jika suatu saat butuh dana dadakan, sebaiknya urungkan niat untuk melanjutkan kuliah S2. Seorang istri bisa melanjutkan kuliah karena dibantu bayarannya oleh suaminya, seorang anak muda bisa kuliah S2 karena orang tuanya PNS atau orang tuanya memiliki yayasan, sehingga gaji dari sekolah cukup untuk biaya kuliah dan kalau mau keluar sekolah pun gampang, gak perlu ijin lagi atau hanya sekedar ngasih kabar saja ke kepala sekolah untuk memberikan alasan gak masuk ngajar. Ada maqolah (kata mutiara) buatan orang betawi yang berbunyi “man laisal fulus fahuwal manfus”, siapa orang yang gak punya duit bakalan mampus. Hahaha...... saran saya, lanjutkan pendidikan S2 kalo sudah mapan, memiliki gaji besar, dan pilih lah kampus yang kaprodi nya membantu mahasiswa dengan baik dan carilah tempat ngajar yang membantu dan mendukung pegawainya melanjutkan pendidikan S2. Jangan seperti saya, kuliah di tempat yang saklek perarturan bagi mahasiswa tertentu dan ngajar di sekolah yang slow respon dalam membantu memberikan kemudahan pegawainya dalam menuntut ilmu. 
6. Selalu memohon perlindungan dan bimbingan Allah dalam segala hal. Tanggal 3 syawal tepatnya tahun 2022, Anak saya yang pertama sakit Disentri, kemudian di rawat dirumah sakit medirosa selama 7 hari, berbarengan pada saat itu tesis pun belum selesai di garap karena saking sibuknya, heheh,,,nyari2 alesan baek yah :), pada saat yang sama juga ada pretest guru PAI di sekolah sebagai langkah awal ke arah sertifikasi guru PAI. Di situlah terjadi goncangan yang sangat dahsyat. Anak lagi sakit, tesis belum kelar, tambahan lagi mau ada raker guru-guru yang pasti sangat lama rapatnya. Begadang setiap malam sambil meratapi nasib di iringi doa, semoga anak lekas sembuh, tesis kelar, pretest PAI lulus. Alhamdulillah dari sekian tiga doa tersebut, dua yang terkabul yaitu anak sembuh dan pretest PAI lulus, sedangkan kuliah di DO secara otomatis karena gak ngisi KRS (Kartu rencana Studi) online, kenapa gak ngisi KRS, karena kalo sudah ngisi KRS di minta bayaran lagi, sedangkan saya sudah tidak punya apa-apa lagi, kecuali hanya seonggok badan yang kurus kering ini, hahah,,lebay banget dah ya. Pada hari itu lah saya di putuskan di DO secara otomatis oleh Kaprodi dan saya berpamitan keluar dari group studi mata kuliah MPAI. Sekian. Semoga kisah saya ini bisa menjadi pelajaran bagi temen-temen atau saudara-saudara yang ingin melanjutkan pendidikan S2. 
 Wallahu a’lam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Macam-macam khot

Cara membuat huruf Fa, Qof dan Wawu Khot Naskhi

              Mengolah huruf Fa, Qof dan Wawu. Kepala huruf Fa, Wawu dan Qof bentuk dan ukurannya sama, peletakannya sama-sama diatas gari...