Selasa, 22 September 2020

 Kata kaligrafi berasal dari dua kata, yaitu callos dan grafh , yang artinya indah dan tulisan. kemudian berubah bergambung menjadi satu kata yaitu Kaligrafi yang artinya Tulisan indah.

Nilai estetika keindahan kaligrafi berbeda-beda, sesuai tingkat kedalam jiwa seni yang di miliki tiap orang yang memangdangnya. Namun didalam kaligrafi arab yang biasa kita kenal KHOT itu memiliki keunikan dan khas tersendiri, semakin mengikuti aturan atau kaidah penulisan dalam membuatnya, maka semakin indah juga tulisan kaligrafi tersebut di lihatnya. 

Di dalam kaligrafi arab atau KHOT, terbagi menjadi beberapa macam atau golongan, yaitu :

1. Khot Naskhi

2. Khot Tsuluts

3. Khot Riq'ah/Ruq'ah

4. Khot Diwani 

5. Khot Diwani Jali'

6. Khot Kufi

7. Khot Ijazah


Setiap orang terkadang hanya mahir satu atau dua khot saja, sedangkan beberapa khot yang lainnya hanya sekedar bisa dan mampu. Namun di indoensia sendiri dituntut harus bisa semua khot untuk memenuhi tuntutan lomba. Hal ini berbeda dengan para Khottot (ahli kaligrafi arab) yang berada di negara-negara arab.

lalu...yang jadi pertanyaan, apakah kita wajib dan harus bisa semua khot?, jawabannya kembali kepada individu  masing-masing. menurut saya pribadi, bisa dua atau 3 macam khot saja sudah menjadi modal kita untuk selalu berkarya. Jadi..tidak ada kewajiban untuk bisa semua. bisa semua alhamdulillah, tetapi tidak menjadi kendala atau alasan kita untuk tidak berkarya.


Bagaimana caranya supaya tulisan arab kita bagus?

Simpel saja jawabannya, banyakin menulis arab. Tulis aja lafaz atau kalimat yang kalian mau, yang peting tulisannya arab. bisa nama kamu sendiri, nama orang tua, nama orang yang paling disayangi, atau nama-nama benda yang ada di sekitar kita. Bisa juga menulis nama lembaga tempat kita bekerja seperti dibwah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=un0NJlC1epQ&t=33s

Tidak ada komentar:

Macam-macam khot

Cara membuat huruf Fa, Qof dan Wawu Khot Naskhi

              Mengolah huruf Fa, Qof dan Wawu. Kepala huruf Fa, Wawu dan Qof bentuk dan ukurannya sama, peletakannya sama-sama diatas gari...