Selasa, 29 September 2020

DOA MAU MAKAN

 Nyok akh kita berdoa kalau mau makan....

kadang-kadang kita lupa kalo gak di ingetin.... meskipun udeh hapal doanya.


DO’A MAU MAKAN

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ مَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارَ

“Ya Allah, berkahilah semua pemberian yang Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari api neraka”

Doa adalah salah satu bukti kelemahan manusia dan bukti nyata bahwa manusia membutuhkan Dzat Yang Maha Memberikan, yaitu Allah SWT. Berdoa juga sebagai simbol tawadhu (rendah hari) nya seseorang.

Banyak sekali doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, salah satunya adalah doa makan. Dari doa makan tersebut, dapat kita ambil pelajaran, yaitu :
1. Kita minta kepada Allah SWT agar semua yang diberikanNya mengandung keberkahan, bukan cuma makanan yang kita makan saja. Makna “berkah “ yaitu Ziadatul khoir artinya “Bertambah kebaikan”. Makanan yang berkah akan menjadikan badan sehat, akal pikiran tenang dan kejiwaan pun akan lebih tenang tidak penuh emosi. Kita membeli makanan dengan uang yang halal, tetapi kita tidak tahu apakah si penjual tersebut memperoleh nya dari cara yang halal atau tidak, atau mungkin juga ketika kita membeli makanan tersebut mengandung unsur kemusyrikan, contohnya saya beli pisang biar jadi penangkal virus corona, ini bisa membawa kemusyrikan yang tidak disadari oleh kita semua. Maka..marilah kita baca doa makan di atas sebagai bentuk men-Steril-kan virus-virus atau bakteri yang di makan yang akan kita makan.

2. Didalam doa tersebut, kita meminta pula dijauhkan dari api neraka. Bukan Cuma kenyang atau menghilangkan lapar, jauh dari itu kita juga minta keselematan di akhirat agar tidak tersentuh api neraka. Doa tersebut bukan hanya buat kita saja, tetapi berlaku juga untuk keluarga kita.

Semoga Allah berikan keberkahan kepda kita di dunia dan akhirat. Aamiin ya Robbal'alamiin.👳👳👳

 

Tidak ada komentar:

Macam-macam khot

Cara membuat huruf Fa, Qof dan Wawu Khot Naskhi

              Mengolah huruf Fa, Qof dan Wawu. Kepala huruf Fa, Wawu dan Qof bentuk dan ukurannya sama, peletakannya sama-sama diatas gari...